Sabtu, 17 November 2012

penyebab demam berdarah

penyebab demam berdarah Penyebab demam berdarah adalah nyamuk demam berdarah. Nyamuk demam berdarah lebih kita kenal dengan nama nyamuk aedes aegypti.
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, lebih dari 80% dari mereka yang terinfeksi virus dengue diam-diam akan menularkan penyakit tanpa gejala atau hanya sakit ringan. Namun, ada risiko 5% dari kematian untuk pasien-pasien yang penyakitnya semakin berkembang dalam tubuh (mungkin karena tidak dirawat intensif) atau dikenal sebagai  dengue shock syndrome (DSS). Banyak faktor yang mempengaruhi pasien demam berdarah semakin parah.

Penyebab demam berdarah semakin meningkat

Penyebab demam berdarah semakin meningkat dapat disebabkan oleh beberapa faktor predisposisi antara lain :
Virus Dengue mentransmisikan terutama melalui gigitan dari nyamuk Aedes aegypti. Setelah penularan melalui gigitan nyamuk, virus dengue terinkubasi selama tiga sampai empat belas hari. Dengue kemudian menyebabkan sakit mirip flu dan nyeri, demam tinggi, kehilangan nafsu makan, sakit kepala dan ruam. Permeabilitas vaskular dan kegagalan peredaran darah ciri bentuk yang paling parah pada infeksi dengue. Mutasi yang terjadi semakin meningkatkan faktor resiko penyebab demam berdarah apalagi mereka yang rentan, yaitu orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah.
Berdasarkan data dari Kuba, orang yang berkulit putih mungkin menghadapi resiko lebih besar dari kulit hitam untuk demam berdarah dengue.Dengan riwayat infeksi dengue sebelumnya berada pada risiko komplikasi tinggi dari bentuk parah demam berdarah dengue (DBD) dan dengue shock syndrome (DSS). Bayi dengan perlindungan antibodi ibu mungkin mengalami kondisi demam ringan dibedakan ketika terinfeksi dengan serotipe yang sama. Namun, antibodi ibu tempat bayi berisiko lebih besar menyebabkan komplikasi dari infeksi dengan serotipe lain. Usia merupakan faktor risiko dimana kebanyakan kematian terjadi pada anak di bawah usia 15. Jenis kelamin termasuk faktor risiko komplikasi parah. Perempuan cenderung untuk memiliki riwayat parah dari demam berdarah daripada laki-laki.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa penularan virus aedes aegypty adalah penyebab demam berdarah yang utama sehingga membunuh atau setidaknya menghindari vector utama ini adalah jalan yang terbaik yang dapat kita tempuh. Program yang digalakkan pemerintah yaitu 3 M adalah salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk membasmi penyakit demam berdarah dengue ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar