Sabtu, 17 November 2012

manfaat kunyit untuk kesehatan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah yang sangat mudah ditemukan di wilayah Asia tenggara, begitu pula di Indonesia. Tanaman ini selain digunakan sebagai bumbu masakan ternyata juga banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Di Indonesia tanaman ini mulai dibudidayakan karena merupakan tanaman obat. Nah, kira-kira apa saja manfaat kunyit ini ya?
Kunyit atau biasa disebut kunir ini memiliki kandungan utama kurkuminoid dan minyak atsiri. Menurut penelitian, kedua senyawa inilah yang berperan dalam menyembuhkan penyakit. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa penjelasan mengenai manfaat kunyit berikut ini.
manfaat kunyit
Gambar kunyit
Manfaat kunyit untuk kesehatan
- Kunyit dapat dimanfaatkan sebagai antiperadangan. Kandungan kurkuminoid yang tinggi dalam kunyit mampu meredakan nyeri dan bengkak. Senyawa ini mampu menghambat pelepasan mediator-mediator nyeri yang pada akhirnya menyebabkan bengkak.
- Mencegah dan menghambat pertumbuhan kanker prostat. Manfaat kunyit ini dapat anda peroleh dengan mengkombinasikan dengan bunga kol.
- Meringankan gejala rematik
- Membantu memperlancar proses pencernaan
- Membantu meredakan penyakit kulit seperti gatal-gatal
- Mengurangi resiko terkena penyakit leukimia
Selain untuk kesehatan, kunyit juga bermanfaat untuk kecantikan.
Manfaat kunyit untuk kecantikan
- Membantu menghilangkan jerawat dan noda hitam pada wajah
- Menghaluskan kulit
- Mencegah keputihan
- Mengurangi nyeri saat haid
Untuk memperoleh beberapa manfaat kunyit tersebut, anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk serbuk, kapsul ataupun anda campurkan dalam makanan anda. Namun, anda juga harus tetap mengontrol konsumsi kunyit karena meskipun tanaman alami, kunyit ini jika dikonsumsi secara terus-menerus dapat menimbulkan efek samping seperti gangguan pada sistem pencernaan, meningkatkan resiko bayi prematur jika dikonsumsi ibu hamil dan menurunkan manfaat dari kemoterapi.
Melihat beberapa efek samping yang ditimbulkan, sebenarnya anda tidak perlu khawatir karena jika memakai dosis yang benar, anda akan mendapatkan manfaat kunyit yang jauh lebih banyak. Wah ternyata kunyit yang sangat mudah anda temukan dengan harga relatif murah menyimpan banyak manfaat.

posted by Loralee Cestia Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar