Sabtu, 17 November 2012

manfaat buah kedondong

Manfaat Kedondong


Buah kedondong atau dondong ( Spondias dulcis) yang rasanya asam manis ini banyak disukai orang, terutama untuk dijadikan rujak atau manisan. Bahkan dalam dunia bisnis, buah kedondong juga diekmbangkan dan dibuat berbagai bentuk makanan olahan lainnya, seperti selai ataupun dodol. Manfaat buah kedondong pun cukup besar terutama dari kandungan gizinya yang baik untuk tubuh.
Vitalitas
Kandungan  utama yang terdapat dalam buah kedondong adalah unsur gula dalam bentuk sukrosa yang penting sebagai penambah energy dan vitalitas tubuh. Begitu juga dengan kandungan dan airnya yang cukup tinggi bermanfaat dalam melancarkan pencernaan serta mencegah dehidrasi. Selain itu manfaat  buah kedondong lainnya adalah dari rendahnya kandungan lemak, sehingga buah ini cocok sebagai makanan cemilan diet yang menyegarkan. Apalagi kandungan karbohidrat maupun proteinnya juga termasuk rendah. Selain itu, sebagaian masyarakat juga ada yang memanfaatkan buah kedondong unutk mengobati dan mengatasi luka akibat terbakar.
Manfaat lain
Selain mengambil manfaat buah kedondong yang juga sering digunakan untuk pengobatan adalah bagian daun dan kulit batang dari pohon kedondong. Daun dan kulit pohon ini banyak mengandung flavanoida, saponin, dan tannin. Kandungan ini sangat bermanfaat untk menyembuhkan penyakit disentri dan mengobati penyakit batuk. Untuk membuat ramuan herbal untuk mengobati disentri kita tinggal mengambil kulit pohon kedondong sekitar 5 gr. Pilih kulit yang segar lalu bersihkan. Setelah itu diiris dalam bentuk kecil-kecil dan rebus bersama 2 air gelas hingga tersisa setengahnya. Kemudian diamkan agar lebih hangat, lalu saring dan minum airnya. Begitu juga untuk menarik ramuan untuk mengatasi batuk, kita bisa membuatnya dari rebusan daun kedondong. Caranya ambil dan pilih daun kedondong yang segar 3 atau 4 lembar. Lalu rebus ke dalam 2 gelas air. Setelah mask dan air tinggal setengahnya lalu diamkan agar hangat. Setelah itu saring dan minum airnya. Akan lebih enak bila ramuan-ramuan tersebut diminum dengan menambahkan madu. Buah akedondong atas anma lainnya “ Sppondias puinata”, batang dan daun kedondong mengandung saponin, flavonoida dan tannin.
Kulit batang kedondong sebagai obat mencret dan obat sariawan
Untuk obat mencret: dipakai krg lebih 15 gr kulit batang segar kedondong. Dicuci lalu dipotong kecil-kecil, direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum sehari dua kali sama banyak pagi dan sore.
Buah kendondong dapat dipakai untuk mengobati batuk
Caranya: ambil 2 atau 3 buah kedondong. Cuci bersih lalu parut. Tanpa ditambah air peras airnya. Tambahkan sedikit garam, minumkan kepada penderita 3x sehari.
Kulit kayu kedondong sebagai obat disentri dan daunnya sebagai obat abtuk. Caranya: ambil secukupnya ( kurang lbh 5 gr) kulit kayu kedondong yang masih segar dan bersihkan , rebus dengan 2 gelasa air sampai mendidih. Setela dingin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar