Sabtu, 17 November 2012

ciri ciri wanita hamil


Ciri-Ciri Wanita Hamil yang Harus Anda Ketahui

ciri fisik  wanita hamilCiri-ciri wanita hamil yang berbadan langsing tentu berbeda dengan wanita gemuk. Cenderung lebih mudah bagi kita untuk mengidentifikasi wanita berbadan kurus yang sedang hamil. Lebih susah lagi kalau kita ingin tahu ciri-ciri wanita hamil kembar apalagi hanya dengan melihat kehamilan pada minggu pertama sudah bisa menebak bahwa orang  tersebut sedang hamil anak laki-laki atau anak perempuan. Secara garis besar kita dapat mengetahui seseorang sedang mengandung dari ciri-ciri umum yang telah tampak atau perilaku yang berbeda keseharian dari sebelum dan sesudah kehamilan.
Berikut ini ciri-ciri fisik wanita hamil :
  • Berubahnya Payudara
    Tanda wanita yang sedang hamil paling tampak yakni terlihat payudara mengencang dengan puting membesar dan berwarna lebih gelap, Penyebabnya adalah meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron.
  • Ada Bercak Darah atau Flek
    Ciri-Ciri orang hamil muda biasanya pada minggu pertama mengeluarkan bercak darah sebelum menstruasi akan datang. Hal ini  terjadi antara 8 sampai 10 setelah terjadinya ovulasi. Nah, keluarnya bercak darah kadang diikuti dengan kram perut dan  prosesnya terjadi secara teratur saat terjadinya kehamilan.
  • Mual Muntah
    Mual dan muntah adalah tanda-tanda kehamilan pada minggu pertama. Sekitar 75% wanita hamil mengalami hal ini. Pemicunya mual muntah pada wanita hamil karena terjadi peningkatan Hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) dalam aliran darah.
  • Sering Buang Air Kecil
    Tanda-tanda awal mengandung, yakni akan terasa kuat bila menstruasi atau haid sudah mengalami keterlambatan satu hingga dua minggu. Keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering terjadi dari hari-hari biasanya.  Penyebab utamanya karena dalam kehamilan, pertumbuhan janin di rahim yang menekan kandung kemih sehingga terjadi peningkatan sirkulasi darah.
  • Lebih Sering Pusing dan Sakit Kepala
    Penyebab  sering pusing dan sakit kepala pada wanita yang sedang mengandung karena terjadi perubahan fisik yang luar biasa, sehingga secara fisiologis tubuh memerlukan penyesuaian.
  • Lelah dan Mengantuk
    Lelah dan mengantuk pada saat kehamilan disebabkan oleh adanya perubahan hormonal. Selain itu karena kerja dari  beberapa organ vital yang bekerja ekstra kerjas. Seperti ginjal, jantung dan paru-Paru.
  • Sembelit
    Nah, loh jangan heran bagi wanita hamil keadaan sembelit juga kerap terjadi. Hal ini dikarenankan  adanya peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain bekerja dengan mengendurkan otot rahim, Ia juga  mengendurkan otot pada dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar