Kamis, 15 November 2012

p3k pada fraktur


PATAH TULANG ATAU FRAKTUR
Seringkali patah tulang atau fraktur terjadi karena berbagai jenis kecelakaan. Patah tulang bisa terjadi di mana saja. Patah tulang pada garis besarnya ada dua jenis, yakni pertama patah tulang tertutup, artinya tulang tidak sampai mencuat keluar menembus jaringan kulit. Yang kedua patah tulang terbuka, yakni tulang menembus jaringan kulit sehingga tulang yang patah itu terlihat. Untuk patah tulang yang terbuka harus lebih hati-hati karena bahaya infeksi dan bahaya lain karena tulang yang patah itu bila digerakkan bisa melukai pembuluh darah sekitarnya sehingga terjadi perdarahan baru (Ircham Machfoedz, 2007:83).


  1. Fraktur tulang tengkorak
Mungkin terjadi luka pada kulit kepala, tetapi bisa juga tidak. Korban barangkali tidak sadar. Darah atau cairan putih seperti air mungkin keluar dari hidung atau telinga. Barangkali juga terjadi memar di belakang telinga dan sekitar mata. Bahaya paling besar pada fraktur tulang kepala ini adalah kerusakan pada otak.
Tindakan pertolongan:
  1. Penderita jangan banyak diangkat-angkat.
  2. Gerakan agak keras bisa memperparah keadaannya.
  3. Agar tidak mengganggu jalan nafas, maka bersihkanlah mulut, hidung, tenggorokan dari lendir, darah atau muntahan.
  4. Baringkanlah korban dalam kedudukan miring, atau kepalanya ditelungkupkan, tujuannya untuk memudahkan aliran lendir atau muntah yang dapat mengganggu pernafasan.
  5. Ketika membaringkan tersebut letakkan kepala lebih rendah dari bagian tubuh lainnya, kecuali ada tanda-tanda patah tulang belakangnya.
  6. Bersihkanlah kotoran-kotoran yang melekat pada luka.
  7. Bila ada perdarahan yang besar usahakan menghentikan dengan menekan lembut daerah yang mengeluarkan darah dengan kain bersih.
  8. Segeralah panggil petugas kesehatan.
(Ircham Machfoedz, 2007:83-84)
  1. Fraktur tulang rahang
Fraktur atau patah tulang rahang, dapat diketahui dari bentuknya yang menjadi tidak lurus, sakit waktu menggerakkan rahangnya, disusul dengan pembengkakan.
Tindakan pertolongan:
  1. Untuk menghambat pembengkakan kompres dengan es.
  2. Balutlah dengan pembalut atau kain bersih, dari dagu sampai kepala dengan tujuan mengurangi gerakan.
  3. Setelah itu segeralah dibawa ke rumah sakit.
  4. Dokter gigi atau dokter gigi ahli bedah mulut, akan mereposisi (mereposisikan kembali serta berusaha merawatnya).
(Ircham Machfoedz, 2007:84)

Gambar 1
Cara membalut rahang yang patah dengan mempergunakan pembalut segi tiga
  1. Fraktur tulang leher
Oleh karena tulang leher merupakan bagian dari tulang belakang, tempat pusat susunan syaraf pusat dari otak keseluruh tulang belakang lewat, maka kecelakaan fraktur atau patah tulang leher termasuk kecelakaan berat. Tandanya jika terjadi fraktur tulang leher ini leher akan tengadah, sementara tangan seluruhnya tidak dapat digerakkan, karena sysraf yang menggerakkannya cedera.
Tindakan pertolongan:
  1. Bila ada perdarahan segera dihentikan dengan menekan pada pangkalnya.
  2. Lihat apakah ada perdarahan di tenggorokan, jika ada harus segera dibersihkan agar tidak menghalangi pernafasan.
  3. Setelah itu balutlah leher untuk mengurangi gerakan.
  4. Setelah itu korban diangkat dengan usungan beralaskan kayu.
  5. Di bawah samping leher diberi bantalan dan korban segera dibawa ke rumah sakit. (Ircham Machfoedz, 2007:84-85).

  1. Fraktur tulang selangka
Tulang selangka adalah tulang yang menghubungkan pangakal tulang dada dengan tulang bahu. Tulan ini terletak dangkal di bawah kulit sehingga mudah untuk diraba. Pada orang kurus bahkan tulang ini nampak membayang di bawah kulit. Apabila tulang selangka patah, bahu disisi itu akan condong ke arah dada. Selain itu, di daerah yang patah akan terasa nyeri. Dekat di bawah tulang selangka terdapat pembuluh-pembuluh darah yang cukup besar. Sehingga apabila tulang itu patah, harus difikirkan adanya bahaya pembuluh-pembuluh tersebut terlukai oleh patahan tulang.
Tindakan pertolongan:
Kenakan balutan “ransel” kepada penderita (lihat gambar 3).



Caranya:
  • Dari pundak kiri pembalut di silangkan melalui punggung ke ketiak kanan.
  • Selanjutnya dari bawah ketiak kanan ke depan dan keatas pundak kanan.
  • Demikian seterusnya, dan akhirnya dengan sebuah peniti ujung pembalut dikaitkan dengan pembalut di bawahnya.
  • Setelah itu lengan digantung ke leher.
  • Sebaiknya di bawah ketiak diberi alas kain, agar pembalut tidak melukai kulitnya.
  • Kemudian kirim ke rumah sakit.
(Ircham Machfoedz, 2007:83).
  1. Fraktur lengan atas
Tandanya terasa nyeri bila diletakkan dibagian yang patah, dan juga terjadi nyeri sumbu, artinya jika diletakkan dari ujung ke ujung akan terasa nyeri.
Tindakan pertolongan:
  1. Di sepanjang lengan atas disamping bidai, kemudian diikat dengan balutan.
  2. Siku dilipat, lengan bawah dirapatkan ke dada, lengan digantungkan ke leher.
  3. Jika fraktur terjadi di dekat sendi siku, maka biarkan lurus, termasuk dengan lengan bawah, tidak perlu digantung di leher.
  4. Segera bawa korban ke rumah sakit.
(Ircham Machfoedz, 2007:85)

  1. Fraktur lengan bawah
Tulang lengan bawah ada dua buah, yang satu searah dengan ibu jari, yang lainnya searah dengan kelingking. Fraktur bisa hanya salah satu atau keduanya. Jika fraktus terjadi pada pergelangan tangan, bisa patah keduanya.
Tindakan pertolongan:
  1. Pasanglah bidai sepanjang lengan bawah dua buah atau sepasang, bersebelahan di bagian luar dan bagian dalam.
  2. Ikatlah bidai tersebut dengan pembalut atau sobekan kain bersih. Bisa juga bidai jika terpaksa dibuat dari tumpukan karton tebal.
  3. Kemudian dilipatkan menutup lengan bawah di bagian luar dan dalam, kemudian diikat seperti diatas.
  4. Setelah itu, gantungkanlah lengan yang sudah dibidai itu di leher. Segera bawa korban ke rumah sakit.
(Ircham Machfoedz, 2007:85)

  1. Fraktur tulang pegelangan tangan dan tulang telapak tangan
Sendi pergelangan tangan tersusun oleh beberapa keping tulang yang kecil-kecil. Satu saja diantaranya ada yang patah, pergelangan itu akan sulit untuk digerakkan. Kadang kadang patah tulang pergelangan juga diikuti oleh patah ujung kedua tulang lengan bawah (lihat gambar 25)
Karena patah tulang pergelangan dapat menimbulkan kaku sendi maka penderita harus segera dikirim ke rumah sakit. Pertolongan pertamanya tidak jauh beda dengan patah tulang lengan bawah, hanya saja bidai diperpanjang sampai telapak tangan.
Tulang telapak tangan dapat patah apabila terkena pukulan langsung yang keras, misalnya pada adu tinju.
  1. Fraktur tulang jari tangan
Tindakan pertolongan:
  1. Patah tulang jari tangan dapat dibidai dengan benda-benda yang mudah didapat di sekitar kita. Misalnya bambu, sendok es krim, atau kawat tusuk konde.
  2. Apabila mungkin (tidak terasa sakit bila membengkokkan jari), sebaiknya jari dibidai dalam kedudukan setengah melengkung (lihat Dislokasi).

(Kartono Mohamad, 2001:80)
  1. Fraktur tulang iga
Tanda-tanda patah tulang iga ialah: dada sakit untuk bernafas, untuk batuk atau bersin. Selain itu juga terasa nyeri apabila bagian yang patah ditekan. Nyeri sumbu juga terdapat pada patah tulang iga. Yaitu iga yang patah akan terasa sakit apabila ditekan dari arah tulang punggung dan tulang dada.
Iga yang patah dapat berbahaya bagi paru-paru, karena paru-paru dapat tertusuk oleh bagian yang patah. Untuk memastikannya, penderita sebaiknya dibawa ke dokter setelah ditolong seperlunya.
Tindakan pertolongan:
  1. Iga yang patah difiksasi (aitu ditopang agar tidak bergera) dengan mempergunakan plaster biasa. Cara pembidaian langsung menggunakan plaster ini disebut stapping. Kadang-kadang sulit untuk memastikan iga-iga mana saja yang patah, maka strapping diberikan kepada seluruh iga.
  2. Pertamakali dada dibersihkan dengan air atau alkohol. Dan setelah di keringkan, baru plester dipasang. Caranya: suruh penderita menarik nafas dalam dan kemudian di keluarkan lagi sampai habis. Pada saat nafasnya berhenti setelah dikeluarkan itulah plester dipasang. Plester dipasang sejajar iga mulai dari ruas tulang belakang hingga ke tulang dada.
  3. Stapping dimulai dari iga terbawah terus ke atas. Plester yang ke dua dipasang menindih yang pertama, dan seterusnya (lihat gambar 27)

Apabila patah tulang iga disertai batuk darah, berarti penderita harus segera dibawa ke rumah sakit.
(Kartono Mohamad, 2001:81)
  1. Fraktur tulang belakang
Tulang belakang yang patah dapat membahayakan sumsum tulang belakang yang terlindung di dalam “cincin”nya. Sumsum tulang belakang ialah bagian dari susunan syaraf pusat, yang berisi serabut-serabut syaraf yang membawa berita dan perintah dari dan ke otak.
Maka apabila sumsum tulang belakang rusak, hubungan antara alat tubuh dan otak terputus. Akibatnya dapat berupa kelumpuhan. Ruas tulang belakang yang patah biasanya terjadi karena pukulan langsung pada tulang belakang tersebut. Patah tulang belakang yang tidak disertai kerusakan sumsum tulang belakang mempunyai tanda-tanda nyeri pada tempat yang patah, baik karena tertekan atau karena pergerakan pinggang. Rasa nyeri menjalar sampai paha dan betis.
Tindakan pertolongan:
  1. Biarkan penderita dalam keadaan terbaring.
  2. Jangan diubah atau disuruh duduk.
  3. Siapkan usungan yang beralas keras, misalnya dengan mempergunakan papan.
  4. Dengan hati-hati angkat penderita ke usungan tersebut.
  5. Beri bantal di bawah pinggangnya, untuk mengurangi rasa sakit dan agar tidak bergerak ketika di usung.

(Kartono Mohamad, 2001:81-82)

  1. Fraktur tulang pinggul
Tanda-tandanya: penderita meras nyeri di daerah di atas kemaluan apabila ia mencoba duduk atau berdiri. Kadang-kadang menggerakkan kakinya pun tidak mampu. Apabila disertai dengan kerusakan kandung kencing, darah akan mengalir bersama air kencing.

Tindakan pertolongan:
  1. Sebaiknya jangan mencoba memastikan diagnosa dengan meekan daerah yang sakit.
  2. Karena ini akan membahayakan jaringan-jaringan yang ada di rongga pinggul.
  3. Penderita harus dibawa dengan usungan, dengan kedua kaki dan lututnya diikat menjadi satu.
  4. Di bawah lututnya diberikan bantalan yang lunak.
  5. Penderita akan merasa lebih enak apabila di bawah pingulnya diberi bantalan yang juga meliputi samping kiri dan kanannya (lihat gambar 30).
  6. Dalam memasang bantal tersebut, jangan sampai memiringkan penderita ke samping.
(Kartono Mohamad, 2001:83)

  1. Fraktur tulang paha
Sepert juga lengan atas, paha hanya miliki satu tulang pipa. Demikian pula tanda-tanda patah tulang paha tidak berbeda dengan tanda-tanda patah tulang atas.

Tindakan pertolongan:
Pasanglah sepasang bidai yang memanjang dari pinggul hingga ke kaki. Bidai harus sudah dipasang sebelum penderita dipindahkan ke tempat lain.

(Kartono Mohamad, 2001:84)
  1. Tempurung lutut pecah
Tanda-tandanya: penderita tidak dapat meluruskan kakinya. Kecuali itu lututnya sangat sakit. Kadang-kadang dengan merabanya, kita akan merasakan adanya cekungan di tempat tempurung lutut. Apabila terjadi pendarahan di dalam lutut, pembengkakan akan terjadi dengan cepat. Dan ini makin mempersulit pemeriksaan.
Tindakan pertolongan:
  1. Berikan balutan penekan di atas lutut untuk menghambat pembengkakan.
  2. Kompres es kadang-kadang dapat mengurangi rasa sakit.
  3. Kemudian dengan lutut sedikit terlipat, pasang bidai di bawahnya.
  4. Di bawah lutut dan pergelangan kaki diberi balutan yang lunak.
  5. Sementara menunggu pengangkutan, letakkan lutut yang cidera lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya.
(Kartono Mohamad, 2001:85)



  1. Fraktur tulang betis
Seperti juga lengan bawah, betis memiliki dua buah tulang. Yaitu tulang kering dan tulang betis. Karena letaknya yang tidak terlalu terlindung, tulang kering lebih mudah patah.apabila hanya satu yang patah, yng lain bertugas sebagai bidai sementara.Oleh karena itu meskipun sepintas nampak utuh, apabila ada kecelakaan di daerah ini, kemungkinan patah tulang harus difikirkan.
Kecelakaan di pergelangan kaki kadang-kadang dapat juga disertai dengan tulang betis yang patah. Oleh karena itu jika kaki terkilir,inagt mungkin ada patah tulang betis.
Tanda-tandanya:nyeri tekan di tempat yang patah, nyeri sumbu (lihat patah tulang lengan atas),dan sakit apabila kaki digerakkan.Nyeri tekan di sini dapat pula diperiksa dengan menekan betis dari arah depan dan belakang sekaligus.


Tindakan pertolongan:
  1. Dengan dua buah bidai, betis dibidai dari mata kaki sampai beberapa jari diatas lutut.
  2. Papan bidai dibungkus dengan kain atau selimut untuk tempat menempatkan betis.
  3. Di bawah lutut dan mata kakidiberi bantalan.
  4. Selama menunggu pengangkutan,kaki diletakkan lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya.
  5. Ini untuk menghambat pembengkakan dan mengurangi rasa sakit.
  6. Apabila tulang yang patah terdapat di atas pergelangan kaki, pembidaian berlapis bantal dipasangkan dari lutut hingga menutupi telapak kaki.
(Kartono Mohamad, 2001:86)



  1. Fraktur tulang telapak kaki
Pergelangan kaki dan telapak kaki memiliki sejumlah tulang-tulang pendek. Apabila kaki kejatuhan benda yang sangat berat, patah tulang dapat terjadi. Seorang pengendara sepeda motor yang jatuh dan mencoba bertahan dengan kakisebelahnya, dapat mengalami kecelakaan semacam ini.
Tanda-tandanya kadang-kadang sulit dikenali, karena disertai pembengkakan. Tetapi nyeri sumbu tetap dapat dijadikan pegangan. Caranya ialah dengan menekan tulang itu dari arah jari kaki dan tumit.
Tindakan pertolongan:
Berikan balutan yang menekan, dan pasang bidai dibawah telapak kaki. Dalam perjalanan ke rumah sakit, letakkan bantalan kain dibelakang tumitnya.
f

Tidak ada komentar:

Posting Komentar