Senin, 28 Januari 2013

Cegah Risiko Sakit Jantung dengan Makan Kacang

img -
 Kacang-kacangan tidak hanya berfungsi sebagai camilan tepat saat diet. Banyak manfaat lain yang bisa didiapat dari mengonsumsi kacang, salah satunya terhindar dari risiko penyakit jantung.


Menurut para peneliti, kebiasaan memakan kacang-kacangan dapat menurunkan risiko penyakit jantung bagi penderita sindrom metabolik atau mereka yang memiliki kelebihan lemak perut, gula darah dan tekanan darah tinggi. Sindrom metabolik sejak lama dihubungkan dengan risiko berbagai penyakit mematikan di antaranya adalah diabetes, serangan jantung dan stroke, seperti dilaporkan Journal of Proteome Research.

Peneliti, Cristina Andres-Lacueva dan koleganya dari unit nutrisi manusia di Rovira i Virgili University menjelaskan," Semakin meningkatnya obesitas di dunia berarti semakin banyak orang yang menderita sindrom metabolik."

Untuk memerikasa manfaat dari mengonsumsi kacang, peneliti meminta 22 penderita sindrom metabolik untuk melakukan diet kacang-kacangan selama 12 minggu. Para peneliti membandingkan kelompok tersebut dengan 20 orang yang tak mengonsumsi kacang.

Hasil dari penelitian itu menjelaskan bahwa kandungan serotonin adalah kuncinya. Serotonin dipercaya peneliti dapat membantu menurunkan rasa lapar, membuat orang merasa lebih bahagia serta meningkatkan kesehatan jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar