Jumat, 01 Februari 2013

Bumil Terlalu Gemuk, Risiko Diabetes Meningkat


detail berita
Jaga berat badan saat hamil (Foto: Foxnews)

GESTATIONAL diabetes seringkali terjadi pada ibu hamil yang kelebihan berat badan. Jika berat badan tidak dikontrol, kemungkinan ibu untuk  mengembangkan diabetes tipe 2 usai melahirkan menjadi sangat besar.

Diabetes jenis ini memang terjadi pada ibu saat masa kehamilan. “Gestational diabetes dapat menyebabkan bayi tumbuh besar pada usia kehamilan dan bisa menyebabkan kompilkasi saat persalinan,” kata D'Anna, dari Departemen Obstetri di University Hospital di Messina, Italia.

Yang dikhawatirkan dari diabetes ini adalah sampai dengan 50 persen wanita pada umumnya yang didiagnosis dengan diabetes gestational dapat mengembangkan diabetes tipe 2 dalam lima sampai 10 tahun ke depan, demikian yang dilansir Foxnews.
Wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki sejarah keluarga diabetes berisiko untuk diabetes gestational. Saat ini, para wanita dianjurkan untuk melakukan pencegahan dari diabetes gestational, seperti menjaga berat badan sebelum hamil.

Cara lainnya dengan mengonsumsi suplemen seperti suplemen inositol yang dapat mengembalikan kesuburan dalam  sindrom ovarium polikistik. Suplemen ini dapat membantu mengurangi jumlah kasus diabetes gestational pada ibu hamil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar