Jumat, 01 Februari 2013

Bebas Serangan Jantung, Jadi Vegetarian Saja


detail berita
Sayur dan buah (Foto: Foxnews)

MENGONSUMSI banyak sayuran dan buah-buahan memang dikenal dapat membantu Anda menjaga kesehatan tubuh. Dan para vegetarian yang mengonsumsi sayur dan buah patut berbahagia, karena menjauhkan diri mereka dari risiko penyakit jantung.

Para peneliti di Inggris menemukan bahwa vegetarian memiliki risiko jauh lebih kecil  untuk menderita penyakit jantung serius daripada mereka yang gemar mengonsumsi daging. Studi yang dilakukan di University of Oxford ini menganalisis 45.000 relawan dari Inggris dan Skotlandia, yang direkrut pada 1990-an dan dilacak sampai 2009.

"Hasil jelas menunjukkan bahwa risiko penyakit jantung pada vegetarian adalah sekira sepertiga lebih rendah daripada non-vegetarian," kata Tim Key, peneliti dan profesor di Oxford, Inggris, demikian yang dilansir Foxnews.

Setelah bertahun-tahun dianalisis, peneliti menyimpulkan risiko rawat inap atau kematian akibat penyakit jantung adalah 32 persen lebih rendah pada vegetarian dibanding orang yang makan daging dan ikan.

"Sebagian besar, perbedaan risiko mungkin disebabkan oleh efek pada kolesterol dan tekanan darah, serta menunjukkan peran penting dari diet dalam pencegahan penyakit jantung," kata pemimpin penelitian Francesca Crowe.

Penelitian ini mengambil faktor-faktor seperti usia, merokok, konsumsi alkohol, aktivitas fisik, tingkat pendidikan dan latarbelakang sosial ekonomi, serta mencatat tekanan darah dan kadar kolesterol peserta. Para peneliti menemukan bahwa vegetarian memiliki tekanan darah lebih rendah, kadar kolesterol, dan indeks massa tubuh dibandingkan non-vegetarian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar