Selasa, 11 Desember 2012

manfaat mengkudu untuk obat hipertensi


Mengkudu Sebagai Obat Herbal Penurun Hipertensi

Obat herbal penurun hipertensi banyak sekali kita temukan. Tanaman seperti alang-alang, bawang merah dan bawang putih juga memiliki khasiat sebagai obat herbal penurun hipertensi. Buah buahan seperti belimbing dan mentimun sangat baik pula untuk mengatasi darah tinggi.

Zat mengkudu : Obat Herbal Penurun Hipertensi

Mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, adalah salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang luar biasa.
Zat dan senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, dan magnesium. Zat Terpenoid ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.
Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.
Buah mengkudu banyak di manfaatkan untuk keperluan pengobatan, termasuk sebagai obat herbal penurun hipertensi. Banyak penelitian yang dilakukan oleh ahli medis dari berbagai negara mengenai khasiat
dari buah mengkudu.

Resep Mengkudu Sebagai Obat Herbal Penurun Hipertensi

Salah satu resep ramuan mengkudu yang rasanya enak tentu menarik sekali. Dengan konsumsi jamu dengan rasa yang enak, tentu membuat kita tidak seperti minum jamu yang seringkali diibaratkan minuman yang rasanya pahit.
Bahan-Bahan yang disiapkan :
- Mengkudu
- Jahe
- Kunyit
- Kapulogo
- Cengkeh
- Daun Sirih, dan
- Kayu manis
obat herbal penurun hipertensi
obat herbal penurun hipertensi
Caranya mengolah obat herbal penurun hipertensi :
Siapkan bahan bahan diatas direbus dalam 350ml Air.
Ambil mengkudu, jahe, kunyit, kapulogo, cengkeh, daun sereh, dan kayu manis.
Setelah di potong-potong, ukuran sedang agar sari patinya cepat keluar.
Lalu direbus Gunakan api yang sedang.
Setelah 20 menit, obat herbal penurun hipertensi dengan buah mengkudu tersebut siap di minum. Di anjurkan diminum sehari 3x. Pada pagi hari setelah bangun tidur.
Secara sederhana kita juga dapat membuat dengan mengupas kulitnya, peras sambil di saring. Kemudian langsung diminum dengan madu. Semoga artikel tentang obat herbal penurun hipertensi bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar