Rabu, 12 Desember 2012

cara mengatasi rambut rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Rambut yang sehat dan kemilau sejak dulu menjadi simbol kecantikan. Akibatnya, banyak orang merasa takut bila menghadapi tanda-tanda penipisan rambut atau kebotakan. Kalau rambut Anda tampak menipis, jangan khawatir, karena hal tersebut wajar terjadi. Seperti kuku atau kulit, rambut Anda mengalami suatu siklus pertumbuhan lalu istirahat. Penipisan bertahap terjadi sebagai bagian normal proses menua.
rambut rontok parah 300x232 Cara Mengatasi Rambut Rontok
99% kebotakan pada pria dan wanita disebabkan karena faktor keturunan. Pola kebotakan pada pria biasana mulai dengan menipisnya garis batas rambut, di ikuti dengan hilangnya rambut sedang-sedang saja sampai hebat di bagian tengah kepala. Petak-petak botak jarang terjadi pada wanita yang mengalami kebotakan umum. Melainkan rambut mereka menjadi tipis mertada di seluruh kepala. Keturunan, hormon dan usia semua ikut memainkan peranan penting pada terjadinya kebotakan secara umum, jadi cara terbaik untuk mengetahui seperti apa penampilan Anda nanti di usia tua adalah dengan cara melihat keluarga orang tua Anda.
Penyebab rambut rontok biasanya disebabkan oleh diet, obat-obatan, hormon, kehamilan, perawatan rambut yang tidak semestinya, gizi yang buruk, karena penyakit dan faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan sebagian besar folikel rambut beristirahat sejenak yang menyebabkan penipisan rambut secara merata.
Rontoknya rambut secara mendadak biasanya disebabkan oleh suatu penyakit yang disebut alopecia areata. Penyakit yang cukup langka ini menyebabkan petak-petak kebotakan yang licin berbentuk lingkaran, berdiameter 7,5 cm, yang dapat saling bertindihan. Stres dan faktor keturunan dapat berperan dalam gangguan ini. Biasanya rambut akan tumbuh kembali dalam waktu 6-24 bulan tanpa pengobatan.
Untuk menghindari rambut rontok, sebaiknya kita melakukan seperti dibawah ini :
  • Makan-makanan yang gizinya seimbang
  • Perlakukan rambut Anda dengan lembut. Bila mungkin, biarkan rambut mengering secara alami
  • Hindari gaya rambut yang harus ditarik kuat seperti dikepang, sanggul atau dibuntut kuda
  • Hindari memilin, menggosok, atau menarik-narik rambut
  • Tanyakan kepada pakaer perawat rambut tentang hairpieces atau teknik-teknik penataan rambut yang bisa mengurangi efek-efek rambut rontok
Sedangkan cara mengatasi rambut rontok secara alami bisa Anda lakukan dengan menggosokkan lidah buaya yang kulitnya telah dikupas ke kepala hingga merata dan biarkan selama beberapa jam. Setelah itu bilas rambut Anda hingga bersih. Lakukan langkah ini secara rutin 3 kali seminggu. Insya Allah rambut Anda normal seperti semula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar